Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CATAT! INI 15 PEMANDANGAN PEGUNUNGAN TERINDAH DI DUNIA UNTUK BERTUALANG

Tentu ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kepenatan karena rutinitas bekerja. Salah satu cara yang terbukti paling manjur adalah dengan membiarkan diri menikmati pemandangan pegunungan terindah yang secara tidak langsung akan membuat pikiran dan jiwa menjadi segar kembali. Terapi menggunakan alam bebas dan pemandangan yang indah, adalah salah satu metode menghilangkan stress terbaik sejauh ini.

Di Indonesia tentu saja ada banyak pemandangan alam yang menyuguhkan panorama keindahan yang luar biasa. Kombinasi sawah yang terbentang luas, gunung tinggi yang menjulang, sungai-sungai yang berkelok indah, adalah beberapa jenis pemandangan yang akrab ditemui di negeri Indonesia tercinta.

Akan tetapi jika dibuat daftar pemandangan terindah di Indonesia yang berlatar pegunungan, setidaknya didapatkan beberapa tempat yang benar-benar menyajikan panorama istimewa untuk kamu kunjungi. Selain sangat indah, pemandangan di tempat-tempat ini juga memiliki ciri khasnya tersendiri.

Lalu, apa sajakah pemandangan pegunungan terindah di Indonesia yang bisa kamu jadikan tujuan untuk menenangkan diri dari kepenatan aktivitas?

Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA:

Daftar Pemandangan Pegunungan Terindah di Indonesia untuk Wisata dan Petualangan

Source: Unsplash

Pemandangan alam asli Indonesia sudah pasti akan membuat kamu terpana dengan pesonanya. Selain memang didukung oleh keindahan alam yang luar biasa, eksotisme Indonesia juga didukung dengan keanekaragaman adat budaya yang menjadikan segala sesuatunya terasa lebih istimewa.

Dari ujung barat di Aceh hingga ujung timur di Papua, Indonesia dipenuhi dengan banyak sekali tempat istimewa. Dari pulau Miangas di Maluku, hingga pulau Rote di Nusa Tenggara Timur, eksotisme Indonesia tidak akan pernah habis untuk kamu kagumi dan kamu jelajahi keindahannya.

Namun jika kemudian dibuat semacam daftar gambar pemandangan alam Indonesia yang berlatar belakang pegunungan, mungkin kamu dapat membuat daftar tujuan penjelajahannya lebih mengerucut. Walau pun tentu saja, Indonesia sendiri memiliki ratusan pegunungan dengan pemandangan yang super indah untuk kamu nikmati.

Nah, apa sajakah pemandangan alam Indonesia berlatar belakangan pegunungan yang indah mempesona?

Berikut daftarnya untuk Akasaka Journal.

Pemandangan Indah di Gunung Sibayak

Source: Pendaki Cantik

Pemandangan gunung yang pertama adalah dari Sumatera dengan obyeknya gunung Sibayak. Dari sudut yang tepat, kamu dapat menyaksikan keindahan pegunungan Sibayak yang gagah dan asri sembari menikmati suasana pedesaan Sumatera yang ramah dan damai.

Jika kamu suka mendaki gunung dan hiking namun tidak begitu berminat dengan kondisi gunung yang terlalu sulit, Pegunungan Sibayak juga bisa menjadi tempat yang direkomendasikan.

Pemandangan Indah di Gunung Dempo

Source: Wongkito.coo

Pemandangan alam pegunungan terindah selanjutnya dapat kamu temukan di Sumatera Selatan, tepatnya di Gunung Dempo. Berlatar gagahnya gunung Dempo yang menjulang, perkebunan teh Pagar Alam yang luas, tempat ini memang layak untuk menjadi tujuan liburanmu bersama keluarga.

Pemandangan Indah di Gunung Singgalang

Source: Bisnis.com

Dari Sumatera Selatan, selanjutnya pemandangan gunung yang dengan view spektakuler dapat pula kamu temui di Sumatera Barat. Ada cukup banyak pemandangan spektakuler yang menawarkan keindahan alam yang ada di Sumatera Barat, namun gunung Singgalang adalah salah satu yang istimewa.

Untuk kamu yang tertarik mendaki gunung, Singgalang memiliki keistimewaan lain yang dapat kamu temukan. Di atas gunungnya yang indah, terdapat sebuah danau sejuk dengan pemandangan super indah yang juga sangat luar biasa.

Pemandangan Indah di Gunung Kaba

Source: Phinemo

Propinsi Bengkulu juga memiliki banyak tempat yang menakjubkan untuk kamu kunjungi jika sedang berada di pulau Andalas.

Selain perkebunah teh Kabawetan dengan latar Bukit Hitam yang cantik, Bengkulu juga memiliki pemandangan menarik lainnya. Salah satu dari view pemandangan menarik itu adalah Bukit Kaba yang dari atasnya kamu dapat menyaksikan indahnya panorama tanah Sumatera yang mempesona.

Pemandangan Indah di Gunung Ciremai

Source: Travel.Okezone

Ada banyak hal yang akan kamu temui jika sedang berada di kaki gunung Ciremai, Jawa Barat ini. Salah satunya adalah kombinasi gambar pemandangan gunung dan sawah yang berkolaborasi membentuk landscape hijau yang sempurna.

Panorama yang ditawarkan pada sudut pemandangan yang tepat, benar-benar akan membuatmu betah menikmatinya berlama-lama.

Pemandangan Indah di Gunung Merbabu

Source: Unsplash

Saat siapa pun membuat daftar pegunungan terindah yang ada di Indonesia, Gunung Merbabu yang terletak di Jawa Tengah ini harus ada di antaranya. Gunung ini memang sungguh indah, baik kamu menikmatinya dari kejauhan, terlebih lagi jika kamu mendaki ke puncaknya secara langsung.

Pemandangan Indah di Gunung Andong

Source: Akasaka Outdoor

Hanya berjarak sekitar 2 atau 3 kilometer dari Kaki Merbabu sebelah barat, terdapat gunung kecil yang sangat cantik bernama gunung Andong. Gunung ini memiliki pemandangan yang tidak kalah memukau. Pada waktu yang tepat dalam kondisi cuaca cerah, kamu dapat menikmati panorama dan gambar pemandangan alam Indonesia yang sumber fantastis dari puncaknya.

Pemandangan Indah di Gunung Prau

Source: Unsplash

Dieng adalah salah satu daerah dengan anugrah pemandangan alam pegunungan yang sangat istimewa. Bentang alam, lanskap pemandangan, pegunungan, danau-danau, bahkan situs purbakala pun banyak sekali terdapat di Dieng. Tak heran mengapa wilayah ini kemudian menjadi salah satu destinasi andalah di tanah Jawa.

Nah, jika kamu berkesempatan mengunjungi Dieng Plateau yang cantik ini, jangan lupa untuk mengunjungi Gunung Prau juga, ya. Dari puncaknya yang hanya membutuhkan perjalanan hiking sekitar 2 jam, kamu akan disuguhi panorama yang sangat indah dan mempesona.

BACA JUGA:

Pemandangan Indah di Gunung Bromo

Source: Unsplash

Dengan segala kecantikan dan keindahan panoramanya, Gunung Bromo dan Pegunungan Tengger telah menjadi magnet wisata dunia.

Gugusan gunung Batok hingga gunung Semeru yang menjulang tinggi akan menjadi sebuah view super cantik saat kamu mengunjunginya. Dan kamu sendiri pasti tahu, kan, waktu paling tepat untuk menikmatinya keindahan pegunungan ini adalah saat sunrise atau matahari terbit.

Pemandangan Indah di Gunung Baluran

Source: Unsplash

Dengan julukannya sebagai Little Afrika of Java, Baluran tentu saja menjadi tempat yang layak untuk kamu kunjungi sebagai destinasi liburan dan menenangkan pikiran.

Di Baluran, pemandangan alam Indonesia akan menyuguhkan sesuatu yang terasa istimewa. Kombinasi padang rumput dan sosok gunung Balurannya sendiri, akan membuat seakan kamu sedang menikmati eksotisme gunung Kilimanjaro dari padang rumput Tanzania.

Pemandangan Indah di Gunung Rinjani

Source: Unsplash

Selanjutnya adalah gunung Rinjani yang seringkali dianggap sebagai gunung terindah di Indonesia dengan kombinsi padang rumput, gunung menjulang, dan juga danaunya.

Dengan segala keistimewaannya ini, Rinjani hampir tak pernah sepi sepanjang tahun. Sebelum pandemi Covid-19 membuat aktivitas pendakian dibatasi, Gunung Rinjani bahkan selalu ramai dengan pendaki domestik atau pun mancanegara.

Pemandangan Indah di Gunung Inerie

Datang dari Indonesi Timur dengan gambar pemandangan gunung yang super cantik akan membuat kamu terkesima saat mengunjungi Gunung Inerie di Nusa Tenggara Timur.

Di tempat ini, kamu akan menikmati indahnya suguhan latar belakang badan gunung yang bentuknya seperti kerucut sempurna. Sementara bunga-bunga indah bermekaran disekitarnya, akan membuat suasana menjadi semakin istimewa.

Pemandangan Pegunungan Terindah di Dunia Lainnya

Source: Unsplash

Setelah melihat 11 tempat di Indonesia yang menawarkan panorama pemandangan yang luar biasa indah, sekarang kamu juga bisa mendapatkan referensi pegunungan terindah lainnya yang ada di dunia.

Nah, apa sajakah pegunungan di dunia yang memiliki pemandangan paling indah?

Berikut beberapa di antaranya;

Pemandangan Indah di Pegunungan Himalaya

Source: Unsplash

Himalaya adalah jantung pegunungan dunia. Jika kamu berbicara tentang dunia pendakian gunung atau mountaineering, maka Himalaya adalah mahkotanya, adalah rumah sucinya.

Di Himalaya berdiri gugusan pegununah tertinggi di dunia dengan pemandangan yang luar biasa megah. Pedesaan Nepal dan Tibet yang eksotis, berpadu pula dengan hamparan menara-menara gunung Himalaya yang memutih, akan membuat tampilan pemandangannya luar biasa istimewa untuk kamu nikmati.

Pemandangan Indah di Pegunungan Karakoram

Source: Unsplash

Dalam banyak kasus, Karakoram yang terdapat di Pakistan dan sebagian wilayah China ini disebut juga sebagai Himalaya.  Namun secara geografis, pegunungan Karakoram dengan pemandangan yang indah ini adalah berdiri sendiri dan berbeda dengan Himalaya.

Pegunungan Karakoram di masa mendatang, akan diprediksi menjadi pusat aktivitas mountaineering dunia. Selain memiliki cukup banyak gunung dengan ketinggian delapan ribu meter, Karakoram juga dipenuhi dengan pesona pemandangan lain yang luar biasa misalnya; gunung tersulit di dunia dan gunung paling mematikan di dunia yang ada di wilayah ini.

BACA JUGA:

Pemandangan Indah di Pegunungan Alpen

Source: Usnplash

Pegunungan Alpen di Eropa adalah rahim dari aktivitas mountaineering dunia. Sebelum menjalar ke Himalaya dan seluruh dunia, mountaineering dan pendakian gunung untuk yang pertamakalinya diperkenalkan di tempat ini, persisnya di Mont Blanc.

Ada banyak sekali destinasi populer dengan pemandangan super indah yang bisa kamu temukan saat mengunjungi pegunungan Alpen. Pemandangan indah gunung Eiger, gunung Matterhorn, Pegunungan Dolomites, dan masih banyak yang lainnya, akan memberikan kamu panorama yang indah memanjakan mata.

Pemandangan Indah di Pegunungan Patagonia

Source: Unsplash

Pemandangan alam terakhir berlatar pegunungan yang megah adalah Patagonia yang ada di Amerika  Latin. Kombinasi danau yang biru tenang, es dan salju yang memutih, dan gunung-gunung karang yang tinggi menjulang, akan menjadi daya tarik utama ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Patagonia.

Patagonia juga dikenal sebagai ‘tanah suci’ bagi para pemanjat tebing profesional dunia. Hal ini dikarenakan banyaknya gunung yang menjadi lokasi pemanjatan terbaik di wilayah ini. Beberapa yang paling populer misalnya adalah Cerro Torre, Fitzroy, Cerro Catedral, Monte San Valentin, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Referensi artikel: Arcopodo Journal


Saya Anton, saya suka mendaki gunung dan hiking. Saya juga adalah penulis buku mountaineering di Indonesia. Beberapa buku karya saya tentang dunia pendakian gunung yang sudah diterbitkan adalah;

  • Wajah Maut Mountaineering Indonesia
  • Dunia Batas Langit
  • Mahkota Himalaya
  • Merapi Barat Daya
  • Maut Di Gunung Terakhir
  • MMA Trail
  • Sejarah Pendakian Tebing Utara
  • 9 Puncak Seven Summit
  • Dewi Gunung
  • Gunung Kuburan Para Pemberani
  • Hari Terakhir Di Atas Gunung
  • Mimpi Di Mahameru

Semua buku-buku tersebut dapat diperoleh dengan mudah di beberapa marketplace atau langsung melalui tautan aplikasi whatsapp disini.

Tulisan saya yang lainnya juga bisa ditemukan di:

Terimakasih telah mengunjungi Arcopodo Journal.com

 

 

 

Posting Komentar untuk "CATAT! INI 15 PEMANDANGAN PEGUNUNGAN TERINDAH DI DUNIA UNTUK BERTUALANG"