Friday, 1 January 2021

7 FAKTA TENTANG GUNUNG K2 YANG TIDAK BANYAK DIKETAHUI

 


Gunung K2 di Pakistan adalah salah satu gunung tertinggi di dunia yang memiliki banyak sekali keistimewaan untuk diceritakan. Sebagai salah satu raksasa gunung dunia, K2 memiliki aura sempurna untuk menjadi medan penjelajahan para pendaki gunung terbaik dunia. Ketinggiannya, sejarahnya, puncaknya, bahkan kematian yang terjadi di atasnya, adalah bagian dari hal-hal luar biasa tentang gunung K2.

Lalu, apa sajakah fakta paling menarik dari gunung K2 yang saat ini sedang menjadi medan kompetisi para pendaki gunung terbaik di dunia?

Nah, berikut ini adalah 7 fakta paling menarik tentang gunung K2 terkait dengan statusnya sebagai gunung tertinggi dan tersulit dunia.

Artikel ini bersumber dari www.akasakaoutdoor.co.id

Informasi lebih lengkap tentang gunung K2 dan gunung-gunung spektakuler lainnya dapatanda baca pada tautan berikut ini.

5 Fakta Paling Menarik dari Gunung K2 Sebagai Gunung Paling Sulit Didaki di Dunia


Nama asli gunung K2 sebenarnya adalah Chogo Ri atau Chogori menurut sebutan orang-orang Baltistan yang menjadi wilayah terdekat tempat gunung K2 berada. Namun seiring berjalannya waktu, nama Chogo Ri atau Chogori kurang populer. Nama lain yang juga sempat disematkan untuk gunung ini adalah gunung Goldwin Austin, namun itu juga tidak sukses untuk dipopulerkan.

K2 kemudian tampil sebagai nama yang paling dikenal untuk gunung dengan ketinggian elevasi 8.611 mdpl ini. Hal ini mungkin sama seperti nama Chomolungma dan Sagarmatha yang tidak begitu populer untuk mengenal Everest. Ketika Everest adalah nama yang dikenal untuk gunung tertinggi di muka bumi, maka nama K2 adalah nama yang seringkali dikenal sebagai gunung dengan predikat paling sulit didaki di dunia.

Lantas, apa sih alasan untuk mengatakan bahwa K2 adalah gunung yang paling sulit didaki di dunia? Dan apa pula berbagai fakta menarik yang paling sering dikaitkan dengan raksasa bernama K2? Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

>>> KLIK TAUTAN INI UNTUK MENDAPATKAN BUKU-BUKU PENDAKIAN GUNUNG TERBARU DI INDONESIA <<<

Fakta Pertama: Gunung K2 adalah Runner Up Gunung Tertinggi di Dunia


Jika diukur dari permukaan laut, maka tidak terbantahkan lagi bahwa Everest adalah gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian elevasi mencapai 8.848 meter. Sementara jika diukur dari dasar laut, gunung Mauna Kea di Pegunungan Hawaii, secara data mampu mengungguli Everest dengan ketinggian mencapai 10.210 meter.

Sebagai gunung paling tinggi dunia, Everest menjadi gunung tertinggi di lempeng benua Asia, dan semua benua lainnya di muka bumi. Karena ketinggiannya ini, Everest telah menjadi impian para pendaki dari seluruh dunia. Bagaimana pun juga jika berbicara tentang Everest, ketinggian elevasinya yang menyentuh cakrawala adalah keistimewaan paling signifikan dari gunung ini.

Nah, gunung K2 yang terletak di Pegunungan Karakoram, Pakistan, berbatasan pula dengan China di sisi utara, adalah gunung kedua tertinggi di dunia setelah Everest. Ketinggian gunung K2 memiliki selisih 237 meter lebih rendah dibandingkan Everest.

Namun sebagai gunung dengan ketinggian runner up di dunia, K2 tentu saja menjadi raja gunung tinggi di Pegunungan Karakoram, menggungguli gunung tertinggi populer lainnya di kawasan itu seperti Nanga Parbat, Gasherbrum, dan juga Broad Peak.

Fakta Kedua: Gunung K2 adalah Gunung 8.000 Meter Tersulit di Dunia


Pamor gunung K2 yang sangat menantang telah menginspirasi banyak orang untuk membuat cerita tentangnya. Selain tulisan dalam bentuk buku, film gunung K2 juga termasuk yang paling banyak dibuat selain film tentang gunung Everest. Beberapa contoh film tentang gunung K2 misalnya adalah Breathtaking K2 yang menceritakan pendakian Carla Perez dan Adrian Ballinger. Kemudian ada lagi K2: The Ultimate High, K2: Tha Savage Mountain, dan juga Gripping The Summit.

Namun, tahukah kamu film apa yang paling terkenal tentang gunung K2?

Jawabannnya adalah Vertical Limit.

Ya, sejauh ini Vertical Limit adalah film pendakian gunung K2 yang paling sukses dan populer. Film fiksi yang bercerita tentang upaya penyelamatan para pendaki gunung yang terjebak di ceruk es gunung K2 ini, adalah film pendakian gunung yang dianggap paling sukses sepanjang masa hingga saat ini.

Menariknya lagi, film Vertical Limit adalah satu-satunya film fiksi populer tentang K2. Film-film lain tentang K2 seperti K2: The Savage Mountain, Gripping The Summit, K2: The Ultimate High dan berbagai judul lainnya, adalah film dokumenter yang sepenuhnya berkisah tentang sebuah pendakian atau tragedi di gunung K2.

Fakta Ketiga: Gunung K2 adalah Gunung 8.000 Meter Terakhir yang Musim Dinginnya Tidak Terkalahkan


Jika kamu mengikuti berita tentang mountaineering dunia dari internet saat ini, kamu pasti akan tahu apa yang terjadi di gunung K2 pada bulan Desember 2020 hingga Februari 2021 mendatang. Ada hampir 60 orang para pendaki gunung sedang berjibaku untuk berlomba menjadi orang pertama yang mencapai puncak K2 pada musim dingin tahun ini.

K2 adalah satu-satunya gunung delapan ribu meter di Pegunungan Himalaya dan Karakoram yang belum berhasil dicapai puncaknya pada musim dingin. Gunung-gunung delapan ribu meter yang lain yang terkenal dengan istilah fourteen eight thousanders atau Mahkota Himalaya, semuanya sudah berhasil ditaklukkan pada musim dingin. Bahkan Everest yang merupakan gunung 8.000 meter paling tinggi, adalah gunung pertama yang berhasil ditaklukkan oleh pendaki Polandia pada musim dingin tahun 1990.

Sebelumnya ada dua gunung delapan ribu meter yang tak terkalahkan pada musim dingin; yakni gunung Nanga Parbat dan gunung K2. Semuanya ada di Pegunungan Karakoram. Akan tetapi pada tahun 2016, puncak Nanga Parbat berhasil dicapai oleh eksepedisi internasional yang beranggotakan empat orang pendaki gunung terbaik dunia, dan 3 di antara mereka berhasil menjadi winter first ascent.

Para pendaki tersebut adalah; Muhammad Hasan Sadpara dari Pakistan, Simone Moro dari Italia, Alex Txikon dari Spanyol. Sementara yang tidak mencapai puncak adalah Tamara Lunger, ia adalah pendaki perempuan tangguh dari Italia.

Dengan tercapainya puncak musim dingin gunung Nanga Parbat pada tahun 2016, maka hingga saat ini, K2 adalah satu-satunya gunung delapan ribu meter di dunia yang belum terkalahkan di musim dingin.

Fakta Keempat: Gunung K2 adalah Gunung yang Paling Banyak Membunuh Para Pendaki Terbaik Dunia


Fakta menarik selanjutnya tentang gunung K2 adalah tentang reputasinya yang tidak ramah untuk para pendaki, bahkan yang terbaik sekali pun. Sepanjang sejarah pendakiannya, gunung K2 telah membunuh banyak sekali pendaki gunung terbaik dunia. Tak mengherankan pula atas catatannya ini, K2 juga mendapatkan julukan yang dramatis yakni The Savage Mountain atau Si Gunung Buas.

Di gunung K2 Pakistan secara administratif memang terletak di jantung pegunungan Karakoram anatara Pakistan dan Xinjiang, China. Gunung-gunung di wilayah ini memang terkenal dengan tingkat kesulitannya. Bahkan K2 sendiri sudah umum dikenal sebagai gunung dengan tingkat kesulitan yang jauh melampaui gunung Everest. Maut dan bahaya di gunung K2 adalah kombinasi antara ketinggian, angin badai, longsoran es, tebing teknis, dan cuaca yang sangat sulit untuk diprediksi.

Lantas siapa sajakah para pendaki gunung terbaik di dunia yang telah menjadi mangsa gunung K2?

Beberapa yang paling populer mungkin adalah; Alison Jane Hargreaves, Alan Rouse, Julie Tullis dari Inggris. Kemudian ada juga Marty Schmidt  dan Denali Schmit dari Selandia Baru, ada juga Tadeusz Piotrowski dan Dobroslawa Miodowicz dari Polandia,  Renato Casarotto dari Italia, Fredrick Ericcson dari Austria, serta dua sejoli pendaki gunung tinggi dari Perancis; Liliane Barrard dan Maurice Barrard yang tewas dalam eskpedisi mereka di K2 tahun 1996.

Dengan begitu banyak kematian  para pendaki gunung terbaik di atas tebing-tebingnya, rasanya memang tidak berlebihan untuk menyebut sebagai The Savage Mountain alias Si Gunung Kejam.

Fakta Kelima: Gunung K2 adalah Medan Perang Terakhir Para Pendaki Gunung Sejati


Selanjutnya fakta kelima tentang gunung K2 yang berhasil dihimpun oleh Akasaka Outdoor adalah gunung ini merupakan gunung dimana kompetisi mountaineering yang terakhir akan terjadi. Dan ini tentu saja sudah menjadi kenyataan jika melihat bagaimana antusiasnya perhatian dunia mountaineering global atas pendakian musim dingin di K2 tahun ini.

Ada banyak nama populer yang sedang ramai memperebutkan puncak musim dingin K2 saat ini. Beberapa nama yang cukup familiar untuk dikenal mungkin adalah; Muhammad Hasan Sadpara dan anaknya; Sajid Sadpara, Nimsdai atau Nirmal Purja yang tahun lalu berhasil membuat rekor mendaki 14 belas puncak gunung delapan ribu meter hanya dalam waktu 7 bulan.

Selain Nimsdai, Hasan Sadpara dan Sajid Sadpara, ada pula nama lain seperti Mingma Gyalje Sherpa, Dawa Sherpa, Sergi Mingote, Tamara Lunger, Tim Seven Summits Trek dan masih banyak yang lainnya. Kehadiran nama-nama besar ini dalam perebutan puncak musim dingin di K2 adalah bukti sempurna untuk mengatakan bahwa K2 adalah medan pertarungan terakhir para pendaki gunung terbaik dunia di musim dingin.

Fakta Keenam: Gunung K2 adalah Gunungnya Para Pendaki Gunung


Ada cukup banyak gunung sulit dan mematikan untuk didaki di dunia. Selain K2 ada juga gunung Kangchenjunga yang merupakan gunung tertinggi ke-3 di dunia, tertinggi ke-2 di Nepal dengan elevasinya yang menjulang di atas 8.586 meter. Gunung Kangchenjunga sendiri memiliki 5 puncak di sekitar puncak utamanya. Puncak-puncak ini dikenal dengan istilah Kangchenjunga Massif yang salah satunya puncak paling terkenalnya bernama Yalung Kang Peak.

Dikarenakan memiliki 5 pucak tertinggi pada Kangchenjunga Massif, nama Kangchenjunga diketahui juga mengandung makna sebagai Lima Harta Karun Puncak Salju. Masyarakat kaki gunung ini percaya bahwa ada harta yang demikian banyak terpendam di bawah Kangchenjunga.

Meskipun gunung seperti Kangchenjunga terkenal sebagai gunung yang penuh daya tarik mengalahkan Everest, namun itu tetap tidak dapat mengalahkan K2. Hingga sekarang K2 tetap dikenal sebagai gunungnya para pendaki gunung sejati.

Jadi, jika Everest adalah gunung idaman banyak orang karena ketinggiannya, maka pendaki gunung

Fakta Ketujuh: Gunung K2 adalah Raja Gunung yang Sebenarnya


Dilihat dari bentuknya, sejarah pendakiannya, lokasinya tempatnya berdiri, serta berbagai tragedi yang terjadi selama proses mencapai puncaknya, banyak orang bersepakat bahwa gunung K2 adalah raja gunung yang sebenarnya. Jadi, bukan Everest, bukan Kanchengjunga, bukan pula Annapurna yang menjadi raja gunung dunia, melainkan K2. K2 adalah maharaja gunung yang ada di muka bumi ini.

Dari bentuknya yang menyerupai piramida sempurna, K2 tentu memiliki bentang elevasi yang dramatis dan sangat teknis. Sementara dari sisi lokasinya yang persis berada di pedalaman pegunungan Karakoram, K2 tentu saja susah dijangkau, bahkan butuh waktu hampir dua minggu lamanya hanya untuk mencapai kaki gunungnya saja.

Berbagai hal yang membuat gunung K2 demikian terasing, demikian sulit untuk digapai, dan demikian legendaris untuk diceritakan, telah mengukuhkan K2 sebagai raja sebenarnya dari berbagai gunung-gunung untuk didaki di dunia.

>>> KLIK TAUTAN INI UNTUK MENDAPATKAN BUKU-BUKU PENDAKIAN GUNUNG TERBARU DI INDONESIA <<<

 

No comments:

Post a Comment

Tulisan Terbaru

PEMUNCAKAN DAN TRAGEDI DI GUNUNG PALING SULIT DI DUNIA

Gunung K2 yang merupakan gunung tertinggi ke-2 di dunia dan merupakan satu-satunya gunung 8.000 meter yang belum tersentuh puncaknya pa...