Wednesday, 2 September 2015

14 puncak gunung tertinggi di muka bumi dan pamor fourteen eight-thousanders



Kita tentu sering mendengar istilah seven summit dalam olahraga mountaineering,  Seven summit adalah sebuah rekor grand slam dalam dunia pendakian gunung.

Ide seven summit pertama kali di cetuskan oleh Dick Bass, atau Pattrick Bass, seorang mountaineer kaya pengusaha minyak dari negara Amerika Serikat. Bersama salah satu temannya, Frank Wells, yang juga pernah menjadi CEO sebuah perusahaan besar, Walt Disneys. Dick Bass dan Frank Wells merumuskan sebuah ide pendakian tujuh puncak tertinggi di tujuh benua di dunia, sebagai salah satu tonggak prestasi dalam bidang pendakian gunung.

Gunung gunung yang menjadi tujuan Grand Slam tersebut antara lain :
  • Puncak Denali, atau gunung MCkinley di Amerika Utara
  • Puncak gunung Aconcagua, di  Amerika Selatan
  • Puncak gunung  Elbrus, di Eropa
  • Puncak Uhuru, gunung Kilimanjaro, di Afrika
  • Puncak gunung Vinson Massif, di Antartika
  • Puncak gunung Kosciuszko, di Australia
  • Dan yang tertinggi, puncak gunung Everest, di Asia.
Namun, ada seorang legenda gunung dunia yang menentang ide Dick Bass yang memasukkan gunung Kosciuszko, di Australia, sebagai puncak tertinggi Austronesia. Menurut sang legenda, gunung Kosciuszko tidak pantas di jadikan salah satu puncak sevent summit of seven continent, karena terlalu mudah untuk di daki. Gunung Cartenz Pyramid, atau gunung Jaya Wijaya lah yang lebih pantas menyandang puncak tertinggi Austronesia, berdasarkan kesulitan dan juga ketinggiannya.

Dan sang legenda tersebut adalah Reinhold Messner, si Dewa gunung dunia.

Pendapat Reinhold Messner di dukung mountaineer  Kanada, Pat Morrow, yang langsung saja mendaki ke tujuh puncak tertinggi tersebut, dan mencatatkan namanya di papan rekor dunia sebagai the first seven summiter in  the world.

Silahkan baca selengkapnya tentang summit ini di artikel : Dick Bass, Pioneer seven summit meninggal dunia.


Selain seven summit yang telah sangat populer, ternyata ada lagi sebuah prestasi yang lebih tinggi dalam dunia mountaineering ini. Bahkan hingga saat ini, hanya ada 33 orang dari seluruh dunia yang terkonfirmasi berhasil mencapai prestasi tersebut, di antaranya ada 13 orang yang melakukan tanpa dukungan tabung oksigen, dan selebihnya menggunakan supplemental oksigen.

Prestasi spektakuler ini adalah 14 puncak 8000 an, atau fourteen of eight-thousanders.

Fourteen of eight-thousanders merupakan prestasi puncak dalam dunia mountaineering, yang lebih prestisius dari itu mungkin adalah yang melakukannya tanpa tabung oksigen. 

14 puncak dengan ketinggian di atas 8000 meter ini adalah zona kematian bagi banyak pendaki, telah banyak nyawa melayang untuk bisa berdiri di atas 14 puncak kematian untuk  menjadi the next climber of eight-thousanders. Orang pertama yang tercatat sebagai eight- thousanders adalah si dewa gunung dunia itu tadi, Reinhold Messner.

Fourteen of eight-thousanders tersebar di kawasan pegunungan Himalaya dan pegunungan Karakoram, Asia. Dan negara yang memimpin perolehan prestasi adalah Italia dan Korea Selatan, dengan mencatatkan masing masing lima orang pendaki mereka yang telah berhasil mencapai 14 puncak dunia.
Sekarang mari kita lihat puncak mana saja yang menjadi barisan dari tonggak prestasi tertinggi mountaineer dunia ini :

1.       Peak of Shishapangma
Berdiri di atas ketinggian 8027 mdpl, atau 26.335 ft.
Terletak di negara China, dengan jumlah pendaki yang telah mencapai puncaknya sekitar 274 orang, dan 23 pendaki yang meninggal.


2.       Peak of Gasherbrum I 
Ketinggian 8035 mdpl, atau 26,362 ft.
Gunung ini terletak di wilayah negara China dan Pakistan, sebanyak 836 pendaki telah mencapainya puncaknya, dan 19 orang yang tewas.


3.       Broad Peak 
 Elevasi di 8051 Meter from sea level, atau 26,414 ft.
Terletak di negara Pakistan dan China, dengan jumlah pendaki yang telah berhasil mencapai puncaknya sebanyak 359 orang, dan 19 orang tewas.


4.       Peak Of Gasherbrum I ( Hidden Peak ) 
Berada di ketinggian 8080 meter, atau 26.444 ft.
Terletak di negara China dan Pakistan, dengan jumlah pendaki yang meninggal 25 orang , dan yang berhasil mencapai puncaknya 265 orang pendaki.


5.       Annapurna I
Ketinggian 8091 meter, atau 26.545 ft.
Terletak di wilayah negara Nepal dengan jumlah pendaki yang berhasil mencapai puncaknya adalah sebanyak 153 pendaki, dan ada 59 orang yang telah meninggal di gunung ini.


6.       Nanga Parbat
Ketinggian 8126 mdpl, atau 26.660 ft.
Terletak di wilayah negara Pakistan, ada 64 orang pendaki yang telah meninggal di gunung ini, dan ada 287 orang yang bisa mencapai puncaknya.


7.       Manaslu
Elevasi 8163 Mdpl, atau 26.781 ft.
Terletak di wilayah negara di wilayah negara Nepal, dengan jumlah pendaki yang telah berhasil mencapai puncaknya 297 orang, dan yang telah tewas di gunung tersebut 53 orang.


8.       Dhaulagiri I
Ketinggian 8167 Meter, atau 26.795 ft.
Pendaki yang telah tewas di gunung ini sebanyak 58 orang, dan yang berhasil mencapai puncaknya 358 pendaki, dan gunung ini terletak di wilayah negara Nepal.


9.       Cho Oyu
Elevasi di 8201 Mdpl, atau 26.906 ft.
Terletak di wilayah negara Nepal dan China dengan jumlah pendaki yang telah mencapai puncaknya sebanyak 2668 orang, dan yang meninggal sebanyak 39 orang pendaki.

10.   Makalu
Berada di ketinggian 8485 Meter atau 27.838 ft
Terletak di wilayah negara Nepal dan China, Dengan jumlah pendaki yang tewas sebanyak 26 orang, dan yang berhasil menggapai puncaknya sebanyak 234 pendaki.


11.   Lhotse
Ketinggian 8516 Mdpl, atau 27.840 ft.
Terletak di negara China dan Nepal, Dengan tingkat kematian pendaki 11 orang, dan yang telah berhasil mencapai puncaknya sebanyak 221 orang pendaki.


12.   Kangchejunga
Berada di ketinggian 8686 mdpl, atau 28.169 ft
Terletak di wilayah negara Nepal dan India, dengan 40 orang yang telah tewas di gunung tersebut, dan 209 orang yang berhasil mencapai puncaknya.


13.   K2
Ketinggian 8611 mdpl, atau 28.251 ft.
Gunung yang terletak di negara Pakistan dan China ini adalah gunung dengan predikat tersulit  di dunia, sudah 81 orang pendaki yang tewas dalam usaha mencapai puncaknya, dan ada 284 orang pendaki yang berhasil. Tingkat kematian pendaki gunung di K2 mencapai 20%, bahkan setelah teknologi pendakian sudah berkembang sedemikian pesat.


14.   Gunung Everest
Ketinggian gunung tertinggi di dunia ini adalah 8850 Mdpl, atau 29.029 ft.
Everest atau puncak dunia ini terletak di wilayah Nepal dan China, sudah hampir 5000 pendaki sudah mencapai puncak Everest, apalagi di tahun tahun terakhir, di mana jumlah pendaki semakin membludak. Pada saat data di ambil sudah tercatat sebanyak 210 orang pendaki yang meninggal di gunung ini.

14 Eight thousanders, seven summits, and second seven summits


Melihat banyaknya jumlah pendaki yang meninggal di gunung gunung tersebut, dan rasio yang tinggi kecelakaan terjadi, ke 14 puncak ini memang layak menjadi tonggak prestasi terbesar dalam dunia mountaineering. Dan untuk menjadi salah satu yang bisa bisa berdiri di sana, menjadi one of the eight-thousanders mountaineers,  tentu bukanlah perkara yang gampang.

Dan kita berdoa..

Semoga tidak lama lagi, akan ada seseorang yang berdiri di 14 puncak kematian itu, lalu mengangkat merah putih di tangannya, seraya berucap syukur dan takbir. 

Allahu Akbar… untukmu Indonesia.



Salam
Please share and coment if you like this article
 

1 comment:

  1. Dan kita berdoa..

    Semoga tidak lama lagi, akan ada seseorang yang berdiri di 14 puncak kematian itu, lalu mengangkat merah putih di tangannya, seraya berucap syukur dan takbir.

    Allahu Akbar… untukmu Indonesia.



    .... paragraf ini sukses bikin saya merinding, om... :')

    ReplyDelete

Tulisan Terbaru

PEMUNCAKAN DAN TRAGEDI DI GUNUNG PALING SULIT DI DUNIA

Gunung K2 yang merupakan gunung tertinggi ke-2 di dunia dan merupakan satu-satunya gunung 8.000 meter yang belum tersentuh puncaknya pa...